Sabtu, 07 Februari 2015

berbagai kerusakan mesin tv wcom

1. Mesin Tv Wcom  stlah 2-3 menit nyala gbr menjadi kedip-kedip
ZENER DIODA
   


problem : Pertamakali dihidupkan gambar dan suara normal selang 2-3 menit gambar kedip-kedip serta ada bayangan seperti kerusakan elko b+,180v kering  dan suara juga ikut kresek - kresek.
    PENYELESAIAN : Terukur teganggan 33v untuk supply tuner naik turun. Ganti Zener N705 33v upc574 dari b+ 115v setelah melalui R12k, vcc ke tuner fs.

2. Mesin Tv Wcom suara normal tetapi gambar tidak ada (blank layar putih polos)
   
Matrix RGB
Problem : suara normal tetapi gambar tidak ada (blank layar putih polos). Namun osd masih bisa tampil.

Jalur perbaikan : aku cek tegangan di semua titik hasilnya normal.Tak lupa solder ulang di bagian matrik RGB karena terlihat banyak solderan yg retak, lalu ku coba hidupkan tv hasilnya nihil.
sambil nyruput teh hangat., berpikir sejenak apanya yg harus dioprek{istilah tuser} lagi.
Baru teringat sekarang . Sermod . Maka aku masuk servis mode. Beruntung remot aslinya masih ada.
Langsung aku tusuk lobang kecil di remot tsb. Maka di layar tampil mode servis. aku cek satu per satu pengaturan di tv ini, e.... Ternyata. Di setingan C.B/W nya yg seharusnya 0 berubah jadi 2. Nah ini biangnya pikirku. Tanpa pikir panjang aku ganti C/Wnya dengan angka 0. Mak cling.,,.. Horee... Bayaran deh. 
 Kesimpulannya : jika menemukan gejala kerusakan tv seperti di atas. Langsung saja buka sermod, dan masuk settingan C.B/W, OKE sob.
3. Mesin TV wcom mati total + konslet
    Problem : mati total, kalau di hidupin MCB Kwh malah turun.
    Penyebab : Mendengar penjelasan nya, kayaknya penyakit tv gak terlalu berat so pasti bagian regulator ada yang short  yang mnyebabkan konslet.
D2398

REGULATOR TV +
  
  Alur perbaikan : Tanpa basa basi dan menunggu lama aku langsung buka saja kasing tv nya.
Setau saya klo di lihat di regulator nya mirip sekali sama mesin tv buatan merek MAZDA, menurut saya tergolong awet, tapi kok ini dah short!!! langsung pencarian masalah di lakukan ternyta saya dapati transtistor D2498 short antara basis sama colektor nya, yaitu letak nya v513 dan aku dapat juga tr c2655 (v512) sama sort juga. Selesai pencarian ternyata cuma 2 komponen yang short alias yang rusak" langsung saja aku ambil cadangan sperpart dari tas ku.
Langsung saja aku ganti tr nya yaitu D2498 , aku lihat2 kok beda banget dari nomor cetakan yang asli nya, kok kaya sablonan merek nya, sedangkan yang punya aku (asli lo) heehhe.. pantesan mesin tv china sekarang harga nya bukan nya naik malah turun!!! al hasil komponen nya juga asal asalan!!! alias banyak yang palsu beda dengan mesin tv generasi sebelum nya yang lumayan awet:" dan V512 yaitu C2655 saya ganti dengan C3807 mungkin para master sudah tak asing lagi dengan jenis q tersebut"
penggantianpun selesai langsung aku coba hidupkan ni tv " uh.. mantap... gambar tv langsung baik alias bagus"
cuma pengaturan warna nya kaya nya kurang pas " aku coba buka seting factory langsung aku edit nilai2 nya tersebut" akhir nya mantap juga ( mirip mesin bawaan nya kata yang punya) ehm.. selesai deh.
4. Mesin TV Wcom gambar bergerigi,OSD hilang timbul,suara berdesah
    Problem : gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar, disamping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar, ditambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
    Langkah Perbaikan : Seperti biasa tv china ini menggunakan IC program LC863532B 54D5 dan IC kroma LA76810A, langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja, beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah, tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya, saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru, kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?

5. Mesin TV Wcom mati
    Problem : ngerjain TV mesin china dari seorang teman yang kebetulan juga service, karena kesulitan dan dianya agak repot jadi dilempar kerjaanya ke tempat saya. Kerusakannya umum yaitu tvnya mati.  Setelah tegangan PLN dilepas dari stock kontack, tegangan elco masih nyimpan dan tidak mau habis.
    Penyebab : Setelah kuperiksa, jaringan regulator tidak bekerja, tegangan di elco 220 uf/400 volt normal tapi di ouput trafo regulator tegangan kosong.
blok sekunder
   

Langkah perbaikan : Transistor regulator, driver dan osilatornya normal (tidak rusak) begitu ujarnya, selanjutnya aku periksa tahanannya satu persatu, nilainya tidak ada yang berubah. Pemeriksaanku sampai pada dioda-diodanya sampai aku menemukan kejanggalan pada satu dioda VD517 sebuah dioda silicon 1 ampere yang ternyata banyak. Wajar kalau dioda ini kurang menjadi perhatian dikarenakan letaknya yang tertutup resistor 2 watt dengan nilai 68 ohm. Tidak lama-lama langsung aku lepas dan kuganti, alhasil tv menyala dengan sempurna.
6. Mesin Tv Wcom '2 ic' gbr garis horisontal
    problem :  tv ini gbrnya hanya garis horisontal dengan lebar sekitar 2-3 cm
    penyebab : bagian vertikal bermasalah
ic vertical d78040
ic vertical d78040

   
solusi : tanpa berfikir lama, langsung saya coba gnti ic vertical d78040 nya, dan ternyata hasilnya langsung jrengng...!normal kmbali
7. Mesin Tv Wcom '2 ic' volume di posisi max, tombol dan remot tidak fungsi



    problem : volume di posisi max, tombol dan remot tidak fungsi
ic program
   
penyebab : ic program pin 8 & 9 terukur 20 ohm terhadap ground atau berarti kedua pin tsbt sedikit konslet
    solusi : ganti ic program







sumber :
  • Paimo Subroto
  • digital-elektronik.blogspot.com
  • kangerbete.heck.in
  • imeldaentertainment.blogspot.com 
  • rodjoelgroup.blogspot.com 
  • enyoh-82.blogspot.com

52 komentar:

  1. gan... mau tanya, mesin tv wcom, audio video normal, selang 30 menit suara audio jadi rusak... kira2 knp ya gan... tolong jawabannya

    BalasHapus
  2. Maaf om jack doang saya hanya sekedar share untuk info lebih lanjut silahkan hungi link yang sudah saya sediakan

    BalasHapus
  3. maafgan link sumber nya mati" kasian yg mau berkunjung ke sumber nya" ,maksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf,,, coba ntar saya cari info lebih lanjut gan

      Hapus
  4. Tv Tabung Samsung Saya Baru Di Ganti Dengan Mesin Tv China, Setelah Di Pasang Gambarnya Jadi Merah,
    Apa sebab Gambarnya Jadi Merah.
    Mohon Petunjuknya. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo merah doang ada garis2, kemungkinan tabung rusak..

      Hapus
    2. harusnya setelah di ganti tidak ada masalah jika pemasangannya benar, jika di rasa pemasangannya benar
      - kemungkinan tabung jika hanya keluar garis saja
      - bisa di chek di bagian resistor RGB atau diodanya klu mesin bru beli harusnya gk ada masalah, tapi kadang komponentnya kurang bagus... di coba aja..

      Hapus
    3. Setting lagi RGB nya,msk di mode service,kurangi yg Red drive & red biasnya

      Hapus
  5. Tv Tabung Samsung Saya Baru Di Ganti Dengan Mesin Tv China, Setelah Di Pasang Gambarnya Jadi Merah,
    Apa sebab Gambarnya Jadi Merah.
    Mohon Petunjuknya. Terima Kasih.

    BalasHapus
  6. iya sama sprti punyaku, tabung masih ok, tp setelah di ganti mesin kok malah merah. sdh dcoba pakek mesin lain ok. apa itu penyebabnya,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba chek jalur RGB gan,,,, di urut satu2...

      Hapus
  7. mas tv saya gambarnya merah setelah 3 transistor di rgb ny saya ganti malah ga ada gambar cuma layar putih bergaris

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba chek elko di sekitar blok skundernya.. kemungkinan ada yg bocor

      Hapus
  8. Masukkan komentar Anda...TV POLYTRON saya dah ganti mesin china, pas buat hidupin DVD, ada suara tapi gambar gak ada, kalo buat setel TV chanel gak masalah. DVD dites di TV lain normal. maksudnya C B W apa ya

    BalasHapus
  9. Jalur/masukan av kabelnya salah tempat,sehingga ke audio bagus,ke videonya tidak.chek ulang.teliti.

    BalasHapus
  10. bener kata bang @chandra murti chek dengan teliti,,, klu masih bermasalah coba chek jalur input dimulai dari konektor input RCA dan chek alurnya

    BalasHapus
  11. Mantap bangeet mas..ikut nyimak yo

    BalasHapus
  12. gan mau tanya kalo mengecilkan volume mesin wcom padahal cuma set 1 volume aja gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke service mode dengan menekan volume min(-) sampai nol, kemudian tekan lagi tombol View di remote bareng dengan volume min(-) pada tv , kemudian masuklah ke menu service mode, ubahlah pada Stereo Opt. dari nilai 1(on) ke 0(off), maka kontrol suara akan normal kembali

      Hapus
  13. mas saya punya mesin wcom horisontalnya jebol terus ...tegangan b+ normal ...tiap ganti transitor hot beberapa detik langsung mati lagi ....mohonnnn sekali pencerahahannya ...trimss

    BalasHapus
    Balasan
    1. - dioda dekat TR ada yg rusak coba di check
      - kapasitor milar bertegangan tinggi biasanya 1600-2000 volt, sebaiknya langsung di ganti, krena kapasitor milar tidak bisa di check
      -plyaback munkin ada yg short
      -tegangan ke TR terlalu tinggi
      -kualitas transistor kurang bagus

      *coba di chek komponent tersebut

      Hapus
  14. Mas saya punya mesin tv w com.suara ada, tapi gambarnya buram itu yang rusak apanya ya mas, mohon pencerahannya, sebelumnya sy ucapkan trma ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. buram gimana mas, bersemut atau hanya hitam putih/ ada gambar hanya gambarnya bergerak....

      Hapus
  15. Orang bilang tv ane tv banci dan setelah ane teliti dari depan tertulis goldstar type soundmaxplus namun bila ane tengok dari belakang tertulis LG model no:20d60s. Itu tv led nyala merah terang pas lg standby akantetapi bila ane tombol itu remot power maka itu tv ada raster noise salju cuma sepertiga layar sebentar terus langsung gelap kemudian nyala led redupalias nyala ga seterang waktu standby. Penyebabnya ada rusak area mana y MAKASIH & MOHON PENCERAHANNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba setting bagian kontrasnya gan,,, kalau LED mesinnya setau saya terpisah gambar suara dll... jdi agan bisa beli partnya saja kalau emang setelah di Setting belum ada perubahannya,cuma hati2 dalam pembongkaran maupun pemasangan TV LED

      Hapus
    2. mas saya punya tv wcom gambar bagus tp klo bukak menu menu nya goyang goyang jdi gak jlas liatin menu nya rusak pa nya ya

      Hapus
    3. mas saya punya tv wcom gambar bagus tp klo bukak menu menu nya goyang goyang jdi gak jlas liatin menu nya rusak pa nya ya

      Hapus
  16. Mas tv w-com saya suaranya pelan gk bisa keras.meski vol sudah mentok 100. Itu apanya ya mas.? Trus gambarnya agak kemerahan.? Trims mas edi

    BalasHapus
  17. Mas.sya baru pasang mesin tv w com di tv lg flat.tapi gambar nya merah dan bergaris seperti buku.itu kira kira apanya ya mas

    BalasHapus
  18. Aslm...salam kenal........
    Mas saya baru pasang mesin tv wcom bekas punya temen, begitu di pasang beberapa menit langsung mati sikring anjlok. begitu dicek dioda dumper juga tr reg konslet, kenapa ya mesin tv wcom saya bagian dioda dumper juga tr reg. beberapa kali sering putus. apa penyebabnya ya mas...... Trims sebelumnya mas edi....

    BalasHapus
  19. tv wcom saya nyalain dln keadaan dindin mau keluar gambar,kadang bs trus awet asal g dimatiin.klo pas dimatiin trus dhidupin lagi bs kluar gambar sebentar,setelah itu layar lgsg biru dan nenciut atas bawah,, dremot masih bs tp g da siaran.kyak hilang sinyal. saya cek paje taspen,jec anten yg d tv jg ngeground. solusinya kang?

    BalasHapus
  20. Gan mesin tv saya mesin w com gambar cuma noise salju suara ga keluar osd juga hilang..... kira2 kenapa?

    BalasHapus
  21. Gan mesin tv saya mesin w com gambar cuma noise salju suara ga keluar osd juga hilang..... kira2 kenapa?

    BalasHapus
  22. makasih saran masukannya kang......

    BalasHapus
  23. makasih saran masukannya kang......

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Tv china gambar dan suara normal, tapi klo gambar menemukan titik kontras atau gambar terang muncul garis garisnya,apa problemnya gan,, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Mikum kang,tv ane gambar dominan merah tapi menu nya harus nya hijau ini ko hitam y,apa solusi nya,minta pencerahan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Check bagian katoda R.G.B, masing-masing tegangan katoda -/+ 125 Vdc jika ada masalah silahkan ganti komponent tersebut, jika tidak ada masalah periksa transistor penguat tegangan -/+ 3-4 Vdc kalau ditemukan TR penguat 0 Vdc periksa jalur tersebut biasanya ada yang rusak

      Hapus
  29. Gan tv ane dengan mesin wcom hanya stanby sudah gamti ic ver tr hor fbt tetep ga mau nyala apanya gan yg rusak.....???

    BalasHapus
  30. Pertama coba tekan di remote/panel untuk merubah saluran jika masih tidak ada respon kemungkinan besar power suplay dan sekalian di check untuk TV tersebut menggunakan IC tunggal apa bukan

    Maaf jarang oN jadi tidak bisa membalas dengan cepat

    BalasHapus
  31. Mau nanya gan,tv saya mesin wcom gambar bersemut tapi OSD ilang,saya ganti blok RGB masih sama,IC memori tak ganti masih sama,tombol dan remot berfungsi baik kira2 apanya ya gan ,?????? terima kasih

    BalasHapus
  32. mau tanya gan mesin tv wcom di search otomatis cthanel ga mau jalan cari siaran itu kenapa gan..?

    BalasHapus

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar :)
Mohon tidak mengunakan kata-kata yang tidak selayaknya di ucapkan