Sabtu, 07 Februari 2015

tv crt suara ada tapi gambar tak ada

Tv samsung suara ada gambar hilang 
      Pada tv samsung keluaran sekarang dengan model single ic TDA9381PS sering terjadi permasalahan Tv samsung suara ada gambar hilang, Hal ini dikarenakan bagian video prosessor memiliki sensor dari ic RGB di CRT, jadi apabila sensor dalam ic single TDA9381PS tidak mendapat tegangan  bias yang semestinya dari ic RGB , maka ic bagian video prosessor tidak akan bekerja dengan  normal dan akibatnya tegangan bias yang diumpankan untuk bias ic RGB tidak normal, dan CRT menjadi tidak bekerja, sehingga akibatnya.
 untuk mengatasi masalah tersebut coba lakukan pengecekan pin 5 pada ic tda 6107 dengan cara memutar mutar tombol screen di Flyback dari minimal ke maksimal secara perlahan lahan, seharusnya tegangan di pin 5 ic tda 6107 bergerak naik turun antara 2-8V, jika ternyata dibagian ini normal semua tegangan seperti b+120v, 12v, 8v, 3,3v, bahkan 185v normal namun masih belum ada perubahan, coba lanjutkan dengan langkah berikut :
 Lepas dioda dioda yang mirip zener satu persatu pada ic single tda 6107, kemungkinan ada yang short sangat kecil dan atau putus.
 kesimpulan : Jadi untuk kasus Tv samsung suara ada gambar hilang, kebanyakan disebabkan karena bagian prosesor video terganggu proses kerjanya.
TV Tidak ada Gambar Tapi Suara Normal
 
Tadi saya kedatangan pasien TV bermerek Advance, kemudian langsung saya tanyakan kepada pemiliknya tentang keluhan yang dialami si pasien, ternyata keluhannya adalah tidak ada gambar tapi suara normal, terus saya coba hidupin dan ternyata memang betul, layarnya gelap gulita tidak ada cahaya sedikitpun, dan langsung saya buka penutup belakangnya kemudian saya nyalakan lagi untuk memeriksa tegangan CRTnya, setelah saya amati ternyata Heaternya tidak menyala dan saya ukur tegangannya pake avometer ternyata tidak ada tegangan sedikit pun, lalu saya matikan tv tersebut dan langsung memulai petualangan pencarian biang keroknya, filing saya langsung tertuju pada resistor heater, tapi ternyata setelah saya cek ternyata baik-baik saja, kemudian saya lanjutkan dengan penyolderan ulang di bagian-bagian yang kelihatan retak, lalu saya coba hidupkan lagi........ dan ternyata............... ga ada perubahan sedikit pun.
langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mengamati wujud fisik komponen, terutama elko dan resistor di sekitar tegangan tinggi dan kelihatannya masih sehat bugar semua,  kemudian saya nyalakan kembali tanpa tehubung ke CRT untuk mengecek tegangan B+ nya, tapi apa yang terjadi sodara-sodara... saya melihat ada kepulan asap tipis dari salah satu elco B+ (220/160V), wah.... ini dia biang keladinya, langsung saja saya cabut jeknya dari stop kontak dan langsung saja saya lepas tuh elco, wah... pantesan.... elconya kakinya hanya satu. (makanya jangan menilai sesuatu dari luarnya saja, yang penampilanya bagus belum tentu dalam nya bagus). 

Tanpa pikir panjang lagi langsung saya ganti elco tersebut, dan setelah selese langsung saya tes ternyata ... MAK NYooos... TV nyala dan gambarnya normal kembali.

Kerusakan tv ada suara tetapi tidak ada gambar, 
apabila tv dihidupkan gambar tidak mucul hanya ada suara seperti radio,ilayar tidak keluar sinar sama sekal layaknya tv tidak dihidupkan, kerusakan seperti ini sering terjadi pada beberapa merk tv. Orang awam mengira bahwa tv rusak layarnya atau rusak IC gambarnya. Tetapi dari pengalaman di meja kerja saya selama ini sudah banyak saya jumpai kerusakan tv seperti ini ternyata kerusakannya tidak 
sulit.

Ok. langsung saja bagaimana cara mengatasinya

Lepaskan kabel tv dari stok kontak listrik lalu buka tutup kesingnya. Bersihkan mesin kalau banyak debunya menggunakan kuas yang kering. Coba Tv dinyalakan dan periksa tegangan G2nya kalau bagus coba periksa tegangan filamen atau hitler layarnya. Untuk Tv Lg yang sedang saya hadapi ternyata tegangan G2nya normal. Setelah saya ngecek tegangan filamen layarnya ternyata nol volt. Dan begitu saya perhatikan filamen layar memang tidak menyala sama sekali, langsung saja saya urutkan jalurnya dan ternyata benar ada Resistor yang putus, karena nilai resistornya sudah tidak bisa dibaca maka saya ganti dengan Resistor 2,2 ohm 2 what. Ingat saat mengganti komponen Tv harus dalam keadaan mati dan agar aman selama proses penggantian komponen hubungan tv dengan stok kontak listrik saya cabut. Setelah selesai memasang komponen yang baru, Tv saya hidupkan dan gambar sudah muncul dengan sempurna. Karena gambar masih bagus maka saya tidak melakukan penyetelan scren maupun fokus.
kesimpulan : ternyata resistor di jalur heater putus
 Sumber : http://mnurtv.blogspot.com

1 komentar:

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar :)
Mohon tidak mengunakan kata-kata yang tidak selayaknya di ucapkan